Cara Mudah Memilih Kambing Aqiqah yang Sehat

jasa aqiqah

Ketika seorang anak muslim lahir, maka disunahkan untuk melaksanakan ibadah aqiqah. Ibadah ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas lahirnya seorang anak. Secara bahasa, aqiqah artinya memotong, yang berasal dari bahasa Arab al-qat’u. Juga ada makna lain dari aqiqah, yakni proses menyembelih hewan ternak di hari ke tujuh setelah bayi dilahirkan. Untuk hewan yang digunakan untuk aqiqah adalah kambing atau domba. Berdasarkan tafsir sebagian besar ulama, aqiqah memiliki hukum sunah muakad. Yang mana aqiqah menjadi ibadah penting dan diutamakan. Jika orang tua mampu dalam segi finansial, maka dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah anak ketika masih bayi. Akan tetapi jika orang tua tidak mampu secara finansial, maka aqiqah boleh ditinggalkan tanpa berdosa.

Baca juga : konveksi kaos klaten

Diriwayatkan Al-Hasan dari Sammuroh rodhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Semua anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelihkan pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberikan nama.” (HR Ahmad 20722, At-Turmudzi 1605 dan dinilai shahih oleh Al-Albani).

8 Cara Memilih Kambing Aqiqah yang Tepat

Dalam pelaksanaan ibadah aqiqah ini terdapat tata cara yang harus dilalui dengan baik. Sebab melaksanakan ibadah aqiqah bukan hanya masalah menyembelih kambing atau domba saja. Tetapi juga hal lainnya. Misalnya dari segi pelaksanaan ibadah aqiqah tersebut, jumlah kambing yang digunakan untuk aqiqah, serta pemilihan kambing itu sendiri. Untuk kambing yang digunakan ibadah aqiqah ini harus memiliki syarat sama dengan hewan qurban. Yang mana harus sehat dan sudah memasuki umur minimal kambing aqiqah.

Untuk Anda yang ingin melaksanakan ibadah aqiqah namun masih bingung mencari kambing aqiqah. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

  1. Memeriksa Postur Tubuh Kambing

Postur tubuh kambing bisa menjadi salah satu indikasi kesehatan fisik hewan itu sendiri. Untuk ciri-ciri kambing sehat adalah tubuhnya kuat, dadanya lebar, pinggang lurus, kaki cenderung kokoh & kuat, serta memiliki ukuran besar & panjang. Selain itu juga kambing sehat tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Bagi orang yang baru kali pertama membeli kambing, pastinya mereka akan sedikit kesulitan untuk memilih. Oleh sebab itulah, jangan ragu melakukan komunikasi pada penjual kambing atau mengajak orang berpengalaman. Perlu diketahui bahwa kambing yang sehat tidak harus gemuk. Jangan menjadikan bahwa kambing besar sebagai patokan sehat atau tidaknya hewan tersebut.

  1. Periksa Mata Kambing

Mengetahui kambing yang sehat atau tidak juga bisa dilihat dari bagian matanya. Oleh karena itulah, perhatikan ketika kambing berjalan atau mengarahkan kambing supaya bergerak untuk memperhatikan. Apabila mata kambing bisa fokus dan melihat secara jelas tidak menabrak ketika berjalan. Bisa dipastikan jika kambing tersebut dalam kondisi baik dan sehat. Jika Anda menemui kambing yang matanya merah, ada baiknya untuk dihindari. Sebab mata merah pada kambing bisa menjadi salah satu indikasi jika kambing tersebut sedang tidak sehat. Mengonsumsi daging kambing yang tidak sehat, maka akan memengaruhi kondisi tubuh. Selain itu juga kambing yang tidak sehat tidaklah cocok untuk menjadi hewan aqiqah.

  1. Memeriksa Gigi & Kuku Kambing

Kemudian Anda juga bisa memperhatikan gigi utama kambing. Kambing yang sehat tentunya memiliki rahang gigi kuat, karena berguna untuk mengunyah makanan. Selanjutnya dari bagian kuku kambing pun juga harus bersih. Sebab hal ini menjadi salah satu hal penting yang dijadikan bahwa kambing tersebut layak digunakan untuk ibadah aqiqah. Perlu diketahui bahwa kuku bersih pada kambing menandakan bahwa hewan tersebut sehat. Cacing dapat berkembang biak di dalam kuku kambing. Akan sangat berbahaya jika mengonsumsi daging kambing yang terjangkit cacing.

  1. Punggung Kambing Besar

Hampir semua pembeli kambing menginginkan kambing yang besar. Sebab kambing besar artinya dagingnya banyak. Untuk mengetahui apakah kambing tersebut memiliki daging yang banyak atau tidak pun bisa diketahui secara pasti. Yakni dengan melihat bagian punggung dan paha. Punggung kambing yang besar menandakan jika kambing tersebut memiliki banyak daging. Jadi ketika diolah akan membuat semangat dan membuat jumlah orang yang mendapatkan daging aqiqah menjadi semakin banyak. Kambing yang sehat memiliki berat ideal antara 30 – 40kg. Apabila beratnya lebih, malah lebih baik. Kecuali jika berat kambing tersebut kurang, bisa jadi karena belum cukup umur atau sedang sakit.

  1. Membeli Kambing Hidup

Ada baiknya jika membeli kambing aqiqah yang masih hidup, ini dimaksudkan supaya daging terjamin segar dan riwayat kesehatan jelas. Memesan secara online juga bisa, namun ada baiknya untuk mengetahui riwayat kesehatan kambing yang disembelih. Caranya adalah dengan meminta dokumentasi dari layanan rumah aqiqah tersebut. Sebenarnya tidak ada aturan membeli kambing hidup. Tetapi hal ini untuk menjamin bahwa kambing tersebut sehat. Juga pastikan bahwa kambing yang nantinya disembelih sesuai syariat. Hal ini penting untuk menjaga kehalalan.

  1. Jangan Membeli Daging Kambing Potong

Apabila Anda membeli daging kambing yang sudah dipotong memiliki risiko cukup besar. Ini dikarenakan pembeli tidak melihat secara langsung kondisi kambing yang disembelih. Anda tidak tahu apakah kambing disembelih sesuai syariat yang benar atau tidak. Terlebih lagi, ibadah aqiqah disunahkan menyembelih kambing. Bukan membeli daging kambing potong sendiri. Jadi sangat tidak disarankan untuk membeli daging kambing potong untuk digunakan sebagai daging aqiqah.

  1. Jangan Tertipu Harga

Harus dipahami terlebih dahulu bahwa tidak selamanya harga mahal memberikan kambing yang baik. Akan lebih baik jika Anda bisa membeli kambing yang sesuai dengan budget. Ada baiknya juga untuk membandingkan antara harga kambing ditempat jual kambing satu dengan lainnya. Hal ini dimaksudkan supaya Anda memiliki beberapa pilihan dan tidak terpaku pada satu tempat saja. Sebab ada banyak tempat jual kambing aqiqah yang bisa sesuai dengan kebutuhan pastinya.

  1. Pilih Tempat Jual Kambing Terbaik

Selain itu, pastikan untuk memilih tempat jual kambing terbaik dan berpengalaman. Sebab tempat jual kambing yang berpengalaman pastinya hanya menyediakan jenis-jenis kambing berkualitas dan sehat. Oleh sebab itulah ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu tempat jual kambing mana yang akan diajak kerja sama. Jika Anda merasa kebingungan maka bisa meminta rekomendasi kepada teman atau kerabat yang sudah pernah membeli kambing akikah sebelumnya. Biasanya mereka akan memberikan rekomendasi tempat jual kambing terbaik dan terjangkau harganya. Atau juga bisa mencari dari media internet, tetapi pastikan untuk mencari yang masih dalam satu kota. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir biaya pengiriman.

Tidak hanya beberapa tips diatas saja, ada juga hal penting lain yang harus dipastikan saat memilih kambing akikah. Yakni pastikan untuk memilih kambing aqiqah jantan. Meskipun kambing betina juga bisa digunakan untuk aqiqah, namun lebih utama menggunakan kambing akikah jantan. Nah itulah beberapa tips memilih hewan aqiqah yang benar dan baik. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.