Menyelenggarakan Ibadah Aqiqah yang Hemat Anggaran

jasa aqiqah

Dari Samurah bin Jundab dia berkata:

Rasulullah bersabda : “Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama.”

Dalam ajaran Islam, ketika seorang anak lahir maka orang tua disunahkan untuk melakukan ibadah aqiqah. Secara umum, aqiqah adalah proses menyembelih kambing dan membagikan dagingnya kepada tetangga serta kerabat. Aqiqah berasal dari bahasa Arab, artinya mengaqiqahkan anak atau menyembelih kambing aqiqah. Menurut bahasa, aqiqah berarti memotong atau memisahkan. Sedangkan menurut para ulama, aqiqah secara etimologis adalah rambut kepala bayi yang tumbuh semenjak lahir. Dilakukannya ibadah aqiqah adalah sebagai wujud syukur kepada Allah SWT karena sudah menganugerahkan seorang anak. Ibadah aqiqah untuk anak perempuan dan laki-laki sendiri sedikit berbeda dari segi jumlah hewan ternak yang disembelih. Untuk anak laki-laki menggunakan dua ekor kambing, lalu anak perempuan cukup satu ekor saja.

Tips Menyelenggarakan Aqiqah yang Hemat Anggaran

Di zaman yang serba mudah seperti sekarang ini, ibadah aqiqah bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jika dulunya proses menyembelih dan memasak dilakukan oleh pemilik acara. Sekarang ini, semua proses tersebut bisa dilakukan oleh jasa aqiqah. Jasa aqiqah ini merupakan sebuah jasa yang mengkhususkan diri di bidang ibadah aqiqah. Dimana proses penyembelihan hewan ternak sampai memasak dikerjakan oleh pihak jasa tersebut. Setelah semua selesai dimasak dan dimasukkan ke dalam box, nantinya akan diantarkan ke lokasi pemesan. Dengan begitu orang yang menyelenggarakan aqiqah tinggal membagikan kepada tetangga dan kerabat. Atau juga bisa dibagikan ke panti asuhan, pondok pesantren atau orang yang lebih membutuhkan.

Bagi Anda yang ingin menyelenggarakan acara aqiqah sederhana dan tidak banyak mengeluarkan anggaran. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti.

  1. Menghitung Jumlah Tamu Undangan

Untuk Anda yang ingin menyelenggarakan acara aqiqah dengan mengundang tamu. Ada baiknya untuk mempertimbangkan lagi jumlah tamu yang akan diundang nantinya. Jika ingin menyelenggarakan acara yang cukup mewah, maka tidak masalah jika mengundang tamu dalam jumlah banyak. Lain hal jika anggaran yang dimiliki pas-pasan atau terbatas dan ingin menyelenggarakan aqiqah dengan mengundang tamu. Maka pastikan jumlah tamu undangan terlebih dahulu. Anda bisa mengundang sekitar 10 – 30 orang untuk memeriahkan acara aqiqah.

  1. Memilih Menu Sederhana

Perlu diketahui bahwa menu yang digunakan untuk acara aqiqah tidak perlu mewah-mewah. Anda bisa memilih menu yang cukup menarik dan enak untuk dinikmati. Misalnya sate, gulai dan tongseng. Ketiga menu tersebut merupakan menu yang paling banyak dipilih oleh pemilik acara aqiqah. Terkadang meskipun sederhana, namun jika diolah dengan baik dan menghasilkan rasa lezat. Maka tamu undangan yang datang akan mendapatkan kepuasan dari olahan daging kambing aqiqah tersebut. Oleh sebab itulah, pastikan untuk benar-benar memberikan rempah dan bumbu terbaik.

  1. Menggunakan Kambing Aqiqah Betina

Tidak ada anjuran mengenai jenis kelamin kambing atau domba yang digunakan untuk ibadah aqiqah. Jika dilihat dari segi harga, harga kambing jantan memang lebih mahal dibandingkan dengan kambing betina. Bayangkan saja jika yang lahir anak laki-laki, tentunya membutuhkan 2 kambing untuk disembelih. Sudah berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli 2 ekor kambing? Namun jika menggunakan kambing atau domba betina, harga beli akan sedikit lebih terjangkau. Akan tetapi jika Anda memiliki anggaran yang lebih, membeli kambing jantan untuk disembelih pada hari aqiqah adalah hal baik.

  1. Menyusun Rincian Biaya

Hal paling penting dari semuanya adalah membuat rincian biaya terlebih dahulu. Rincian biaya ini harus mencakup tempat pembelian kambing, jumlah kambing dan jenis kelamin kambing. Jika acara aqiqah sudah dibuatkan rincian anggaran ini tentunya akan lebih mempermudah dalam pelaksanaannya. Tetapi jangan lupa untuk membuat anggaran tidak terduga. Sebab kadang, ada saja kebutuhan lain yang nyempil dan membutuhkan anggaran tidak sedikit.

  1. Memilih Jasa Aqiqah

Apabila Anda tidak ingin repot untuk menyembelih dan memasak daging kambing. Maka Anda bisa bekerja sama dengan jasa aqiqah. Pilihlah jasa aqiqah yang terpercaya dan berpengalaman. Dengan begitu Anda bisa lebih nyaman ketika melakukan pemesanan paket aqiqah. Pilih paket aqiqah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang sudah dipersiapkan.

Tips Memilih Jasa Aqiqah yang Berpengalaman

Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk memilih jasa aqiqah mana terbaik dan berpengalaman. Berikut ini ada beberapa cara untuk mendapatkannya.

  1. Menerapkan Syariat Islam

Pada hakikatnya, proses akikah dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak. Dilaksanakannya aqiqah tentunya tidak lepas dari adanya petunjuk pada Al-Qur’an dan hadits. Oleh sebab itulah, saat memilih jasa aqiqah maka pastikan untuk memilih layanan yang benar-benar menerapkan syariat Islam. Jika proses pelaksanaan aqiqah tidak sesuai syariat Islam, dikhawatirkan menjadi tidak sah. Utamanya adalah dari proses penyembelihan hewan. Jadi pastikan orang tua tahu bahwa jasa aqiqah yang dipilih memiliki tim ahli dan paham dalam proses penyembelihan hewan. Selain itu Anda juga bisa meminta dokumentasi pada saat penyembelihan untuk mengetahui apakah sudah sesuai syariat atau belum.

  1. Mengecek Kondisi Hewan Aqiqah

Kemudian juga harus memastikan kondisi hewan aqiqah yang akan dipilih untuk disembelih. Hewan yang akan digunakan aqiqah ini tentunya harus dalam keadaan sehat dan tidak ada cacat. Untuk mengetahuinya bisa dilihat dari mata, kuku, gigi dan punggungnya. Pastikan mata, kuku dan gigi tidak dalam kondisi kurang sehat. Selain itu juga pastikan dengan baik bahwa berat kambing ideal dan sudah cukup umur disembelih. Jika kambing memiliki berat yang ideal atau lebih, tentunya daging kambing yang dimasak akan banyak.

  1. Menyediakan Berbagai Macam Pilihan Paket

Jasa aqiqah yang berpengalaman dan terpercaya tentunya akan menyediakan berbagai macam paket aqiqah. Yang mana bisa dipilih oleh calon konsumen. Umumnya paket aqiqah yang ditawarkan berisikan jumlah paket nasi box, menu dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa semakin banyak jumlah nasi box yang bisa disediakan oleh jasa aqiqah. Maka harga paket aqiqah akan menjadi semakin mahal. Oleh sebab itulah, Anda harus bisa memilih paket aqiqah yang sesuai kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

  1. Memiiki Mobil Khusus Pengantaran

Biasanya jasa aqiqah akan mengantarkan pesanan ke lokasi pemesan. Jadi pastikan untuk tahu apakah jasa aqiqah tersebtu memiliki mobil pengantaran sendiri untuk delivey atau tidak. Jika jasa aqiqah memiliki mobil pengantaran sendiri, maka akan memperlancar dan memudahkan dalam pengantaran pesanan ke lokasi pemesan. Selain itu juga bisa mencegah keterlambatan dalam pengantaran menu catering aqiqah.

  1. Pastikan Memiliki Testimoni Positif

Testimoni positif yang dimiliki oleh jasa aqiqah pun juga perlu untuk diperhatikan. Semakin banyak testimoni positif yang dimiliki jasa aqiqah menandakan bahwa jasa tersebut sudah banyak dipercaya oleh orang tua. Sebab tidak bisa dipungkiri ada jasa aqiqah terkenal namun memiliki kualitas yang biasa-biasa saja. Oleh karena itulah, Anda harus memastikan dengan baik testimoni dan review yang diberikan oleh konsumen terdahulu.